We can check your plugins and stuff

Rabu, 15 September 2010

Cornelis Van de Motman

Di sebuah desa terpencil bernama Kamp Pilar Ds Sibanteng, Leuwi Sadeng Bogor.
berdiri dengan megah sebuah bangunan tua dan klasik bergaya khas Kolonial tempo doeloe, masih tampak berdiri dengan tegar dan utuh tak hancur di makan zaman walau sudah berdiri ratusan tahun.


Dalam Prasasti yang tertulis di permukaan batu pualam klasik yang menjadi saksi bisu sejarah di dalam bangunan tersebut, dengan jelas terukir dari pahatan yang cukup dalam di batu pualam tsb tahun berdirinya bangunan itu juga tertulis nama pendiri dan nama - nama orang yang dimakamkan didalam area pemakaman tua itu.

Dari pahatan batu pualam itu tertulis tahun 1671 Masehi, yang menjelaskan tahun di bangunnya komplek / area pemakaman tua itu, juga tertulis dengan jelas nama Tuan, CORNELIS De MOTMAN sebagai pemilik dan pendiri areal pemakaman tua tersebut.


Juga beserta nama-nama keluarganya dan kerabat-kerabat dekatnya yang turut dimakamkan di areal pemakaman tua itu, sayangnya saat ini keadaan dan kondisi fisik dari Situs pemakaman tua itu sudah sangat tidak terurus dan tidak terawat dengan baik.


Terutama dibagian luarnya, tampak masih terlihat bangunan tonggak menyerupai tugu dengan kondisi yang sangat memprihatinkan, sudah banyak yg hancur dindingnya yg terbuat dari bata merah mengelupas, lapuk dimakan jaman juga sebagian ada ulah tangan2 jahil.

Mereka yang tidak mengerti nilai seni, dan budaya peninggalan masa lalu yang punya nilai historis tinggi dari masa kolonial Belanda tempo doeloe.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Beri komentarnya,!

MP3 Clips